Meningkatkan Traffic Website Memanfaatkan Psikologi Manusia
Cara-Meningkatkan-Traffic-Website
Meningkatkan Traffic Website Dengan Memanfaatkan Psikologi Manusia Reviewed by ekalayawebs on . This Is Article About Meningkatkan Traffic Website Dengan Memanfaatkan Psikologi Manusia

Sebelumnya, saya pernah menulis tentang “Cara Meningkatkan Ranking Website Dengan Contextual Links dan Pyramid Link Building“. Kali ini saya akan membahas cara meningkatkan traffic website dengan memanfaatkan psikologi manusia. Nah, apalagi nih maksudnya ? Istilah narsisme berawal dari mitologi Yunani kuno tentang pemuda tampan dari Thespian bernama Narsisus yang jatuh hati dengan citra dirinya. Apa […]

Rating: 4

Meningkatkan Traffic Website Dengan Memanfaatkan Psikologi Manusia

Sebelumnya, saya pernah menulis tentang “Cara Meningkatkan Ranking Website Dengan Contextual Links dan Pyramid Link Building“. Kali ini saya akan membahas cara meningkatkan traffic website dengan memanfaatkan psikologi manusia. Nah, apalagi nih maksudnya ?

Istilah narsisme berawal dari mitologi Yunani kuno tentang pemuda tampan dari Thespian bernama Narsisus yang jatuh hati dengan citra dirinya.

Apa Yang Akan Anda Pelajari ?

  1. Mendatangkan traffic dengan social media
  2. Mendapatkan backlink dengan sebuah artikel

Cara Meningkatkan Traffic Website Dengan Memanfaatkan Psikologi Manusia

Di jaman social media seperti sekarang, narsisme sudah menjadi hal yang lumrah. Contohnya dengan semakin banyaknya foto-foto selfie yang beredar di dunia maya. Ini menunjukan adanya perilaku cinta diri sendiri. Kebutuhan untuk dihargai, dikagumi juga menjadi salah satu kebutuhan mendasar bagi manusia, apalagi di jaman modern seperti ini. Terus, apa hubungannya dengan meningkatkan traffic website ?

Akhir-akhir ini, di timeline Facebook saya banyak beredar gambar seperti ini:

vonvon

Dan coba liat statistik masing-masing aplikasi tersebut:

vonvon

Jumlah pengguna atau jumlah sharenya luar biasa sekali kan ?

Apa sih yang bisa bikin aplikasi tersebut jadi booming atau viral ? Simple banget. Karena kita manusia, memang makhluk yang “gila” pujian atau ingin dipuji. Akui saja ya… *laugh*

Freud dalam Raskin & Terry, 1988, menggunakan konsep narsisme dalam kategori diagnostik untuk menggambarkan perilaku sebagai berikut:

  • Sikap seseorang terhadap dirinya sendiri, misalnya mengagumi diri sendiri, cinta diri sendiri, membesar-besarkan diri sendiri
  • Kerentanan seseorang yang meliputi ketakutan akan kehilangan cinta dan ketakutan akan kegagalan
  • Orientasi pertahanan diri seperti megalomania, idealisasi, dan denial
  • Kebutuhan untuk dicintai, memenuhi diri sendiri, dan kebutuhan menjadi sempurna

Perilaku suka dipuji ditambah dengan perilaku cinta sendiri tentu saja akan membantu kita meningkatkan traffic website kita. Kok bisa ?

Pada dasarnya orang memang suka dipuji. Apa yang terjadi kalau orang tersebut kita masukkan kedalam artikel kita ?. Contohnya dengan membuat artikel semacam, “10 Blogger Paling Terkenal di Indonesia”, “15 Blogger Fashion Paling Fenomenal di Indonesia, “10 Seleb Twitter Paling Menginspirasi”.
Orang yang suka dipuji, akan merasa bangga, dan kemudian akan ikut share artikel kita tersebut.

Tapi perlu dicatat, keberhasilan teknik ini akan semakin besar, bila website kita merupakan website authority di nichenya tersebut.

[ninja-inline id=4241]

Meningkatkan Traffic Pengunjung Dengan Twitter

Manfaatkan social media untuk cara pertama ini. Disini saya mencontohkan dengan menggunakan social media Twitter.

  • Cari akun twitter yang mempunyai follower banyak (2000-5000 Follower). Jangan terlalu banyak, karena nantinya tweet mention kita akan tenggelam dengan mention-mention yang lain. Dan jangan akun twitter yang sudah terkenal, karena kemungkinan akan diabaikan begitu saja.
  • Akun Twitter Potensial

    Terlalu Banyak Follower, Terlalu Susah

  • Masukan pemilik akun Twitter tersebut kedalam konten kita. Misalnya: Top 10 Blogger di Indonesia, 10 Akun Twitter Yang Paling Menyenangkan, 10 Akun Twitter Yang Wajib di Follow.
  • Mention pemilik akun Twitter tersebut, dengan menyebutkan URL website kita, dan berikan hastag yang sesuai. Misal: #10AkunTwitterWajibDiFollow @blablabla kalau mau ketawa, atau menghilangkan sedih. Wajib follow
  • Tunggu sampai pemilik akun Twitter tersebut melakukan Retweet Tweet kita, atau mention tweet kita

Masih dengan menggunakan social media Twitter. Cara kedua ini memang cenderung lebih susah dilakukan, tapi bila sukses, kita akan mendapatkan konten dari hasil interview, dan traffic ke website kita pastinya.

  • Carilah akun Twitter dengan jumlah follower lebih besar dari 20.000 dan dengan percakapan atau conversation yang bagus.
  • Buatlah list pertanyaan untuk interview ke akun Twitter tersebut.
  • Ajukan permintaan interview ke akun tersebut. Buat alasan yang jelas ya.
  • Interview bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti interview tertulis, interview audio, ataupun interview dengan video.

Dengan dua cara tersebut, kita bisa meningkatkan traffic website kita tanpa menggunakan link building. Karena manusia adalah makluk yang haus akan pujian, 2 cara tersebut akan sangat efektik bila dilakukan dengan benar. Bayangkan saja, bila akun dengan ribuan follower tersebut melakukan ReTweet postingan kita, dari beberapa follower pasti akan menjadi pengunjung website kita. ­čÖé

Tips:

  • Untuk cara pertama, carilah akun Twitter yang mempunyai banyak follower, tapi tidak terlalu banyak, dan masih “haus” akan popularitas.
  • Untuk cara kedua, carilah akun social media yang mempunyai banyak follower dan mempunyai popularitas yang tinggi.
  • Pastikan konten atau list pertanyaan interview mempunyai kualitas yang tinggi, bukan asal-asalan.
  • Lakukan proses analisa terhadap target

 Meningkatkan Traffic Pengunjung Dengan Facebook

Yang perlu digaris bawahi disini adalah, saya tidak menggunakan teknik SPAM untuk menggaet pengunjung dari Facebook.

ekalayawebs

Penulis adalah seorang penggemar statistik, psikologi, dan seo. Penulis dapat dihubungi lewat email di ekalayaseo@gmail.com atau ekalayawebs@gmail.com. Google+

Cara-Mudah-Mendapatkan-SSL-Gratis
Panduan-Lengkap-Untuk-Riset-Keyword
  • bener juga ya, aku sampek lupa gak memanfaatkan akun twitterku.
    Terimakasih triknya gan.

    • ekalayawebs

      Sama-sama. Semoga bermanfaat

  • sangat menarik..

UA-50410580-1