Mengaktifkan "Instant Articles" di Facebook Untuk Website Kita Dan Cara Moneytisasinya -
Cara Mengaktifkan Instant Articles
Mengaktifkan “Instant Articles” di Facebook Untuk Website Kita Dan Cara Moneytisasinya Reviewed by ekalayawebs on . This Is Article About Mengaktifkan “Instant Articles” di Facebook Untuk Website Kita Dan Cara Moneytisasinya

Ini artikel pertama saya setelah sekian lama vakum menulis di blog ini karena berbagai kesibukan. Artikel ini bermula dari kesukaan saya membaca artikel yang sering muncul di timeline Facebook Mobile saya, saya penasaran dengan beberapa situs yang mempunyai logo seperti “Lightning” di pojok kanannya di artikel yang dibagikan.Dan ketika link artikel tersebut saya klik, akan […]

Rating: 5

Mengaktifkan “Instant Articles” di Facebook Untuk Website Kita Dan Cara Moneytisasinya

Ini artikel pertama saya setelah sekian lama vakum menulis di blog ini karena berbagai kesibukan.
Artikel ini bermula dari kesukaan saya membaca artikel yang sering muncul di timeline Facebook Mobile saya, saya penasaran dengan beberapa situs yang mempunyai logo seperti “Lightning” di pojok kanannya di artikel yang dibagikan.Contoh Instant ArticlesDan ketika link artikel tersebut saya klik, akan memunculkan artikel situs tersebut dalam bentuk yang sangat sederhana.

Instan Articles Clicked

Ketika Link Di Klik

Yang paling membuat saya terkesan adalah, load situs yang sangat cepat, sehingga kecil kemungkinan pengunjung akan langsung keluar dari situs kita, sekaligus membuat pengunjung betah. Selain itu, “related post” artikel dalam situs tersebut akan ditampilkan dalam bentuk yang sama bila sudah diaktifkan, sehingga lebih cepat juga dalam urusan load situs. Menarik bukan ?

Fitur baru dari Facebook tersebut diberi nama “Instant Articles”. Biasanya, ketika kita mengakses sebuah artikel pada situs di perangkat mobile kita, artikel yang ditampilkan dalam keadaan kurang menarik, dan load yang lambat, sehingga kurang nyaman bagi pembaca. Dengan menggunakan fitur ini, hal-hal seperti itu bisa dieliminasi. Facebook sendiri menjanjikan, situs yang menggunakan fitur ini akan mempunyai kemampuan load artikel 10x lebih cepat daripada biasanya, 20% pengunjung lebih sering membuka artikel lain pada halaman Instant Articles, dan 70% link situs yang dibagikan lebih sering di klik ketimbang situs yang tidak menggunakan fitur ini.

Instant Articles on Number

Instant Articles on Number

Well, saya sendiri selama membaca artikel di Facebook, lebih memilih situs yang mempunyai fitur ini. Karena tampilannya yang lebih sederhana, fokus, dan lebih responsive. Disini, saya akan jabarkan, bagaimana cara mengaktifkan fitur ini pada situs kita, sekaligus cara memoneytisasinya.

Apa Yang Akan Anda Pelajari ?

  • Cara mengaktifkan fitur Instant Articles untuk situs kita. Dibagian ini, membutuhkan sedikit kemampuan teknis kita. Langkah-langkah yang dikerjakan harus diperhatikan dengan baik.
  • Hal-hal yang harus diperhatikan. Ada beberapa masalah yang bisa saja terjadi, beberapa diantaranya saya jabarkan disini.
  • Tweaking Instant Articles. Untuk membuat Instant Articles yang menarik, membutuhkan sedikit kemampuan koding html5. Bukan tingkatan advanced, tapi kalau kita mahir, pasti bisa lebih baik lagi nantinya.
  • Cara moneytisasi website kita dengan Facebook. Yup, Instant Articles merupakan salah satu jalan untuk memoneytize website kita dengan Facebook. Baca selengkapnya dibagian akhir.

Apa Saja Yang Dibutuhkan ?

  • Fanspage Facebook website kita
  • Website. Ada baiknya menggunakan platform WordPress. Karena nantinya konfigurasinya lebih simple, ketimbang menggunakan platform lain
  • Ada minimal 10 artikel dalam situs kita.

Saya anggap disini anda sudah bisa membuat fanspage di Facebook, atau sudah mempunyai fanspage di Facebook, sehingga saya langsung loncat ke point kedua.

Cara Mengaktifkan Fitur Instant Articles

Pertama yang harus anda lakukan adalah, meng-install plugin Instant Articles for WP. Fungsi plugin ini adalah untuk memudahkan kita melakukan konfigurasi Instant Articles.

Plugin Instant Articles di WordPress

Plugin Instant Articles di WordPress

Setelah menginstall plugin tersebut, aktifkan plugin, kemudian lakukan konfigurasi awal.

Aktifasi dan Konfigurasi Plugin Instant Articles

Aktifasi dan Konfigurasi Plugin Instant Articles

Disini, kita membutuhkan App ID dan App Secret dari Facebook. Caranya klik saja link “here” di dalam plugin tersebut atau anda bisa klik link berikut. Nanti anda akan dibawa menuju halaman Facebook Page anda, dimana anda bisa membuat App ID sendiri.

Facebook AppID

Facebook AppID

Setelah muncul tampilan diatas, pilih “Add a New App” untuk membuat App ID baru anda.

Create-A-New-App-ID

Create A New App ID

  1. Isikan nama App kita. Nama disini akan muncul di dashboard halaman Facebook Developer kita saja.
  2. Isikan alamat email kita.
  3. Pilih Apps for Pages di bagian Category

Setelah itu klik tombol “Create App ID“.

Anda akan dibawa ke dashboard App anda. Perhatikan gambar dibawah.

Konfigurasi-App-ID

Konfigurasi App ID

  1. Pilih Basic di menu Settings untuk menampilkan konfigurasi awal App ID kita.
  2. Di kolom App ID itulah terdapat nomor ID kita. Harus dicatat.
  3. Di kolom App Secret, klik tombol “Show” untuk menampilkan App Secret id kita.
  4. Masukan nama domain kita di bagian “App Domains”.
  5. Klik tombol “Add Platforms” untuk menambahkan url situs kita.

Simpan perubahan yang anda lakukan. Masukan App ID dan App Secret yang sudah anda dapatkan ke konfigurasi plugin “Instant Articles for WP” di website anda yang sebelumnya sudah anda install. Setelah dimasukan, klik tombol “Next“.

Aktifasi Plugin Instant Articles

Aktifasi Plugin Instant Articles

Setelah plugin berhasil diaktifasi, kita akan dibawa ke halaman konfigurasi selanjutnya, dimana disitu anda diminta untuk memasukan Login Facebook anda. Sampai disini, jangan lakukan apa-apa, tapi silahkan menuju halaman Facebook berikut:

https://www.facebook.com/instant_articles/signup

Disitu, anda harus mendaftarkan terlebih dahulu Fanspage yang akan anda aktifkan fitur Instant Articles. Setelah mendaftarkan Fanspage anda, pilihan menu “Instant Articles” akan muncul di menu Settings dalam Fanspage anda.

Menu Instant Articles

Menu Instant Articles

Disini, kita harus melakukan “klaim” terlebih dahulu atas situs kita. Caranya dengan memilih menu Tools, dan pilih menu “Connect Your Site“.

Claim URL Website Kita

Claim URL Website Kita

Masukan kode “Meta Property” tersebut kedalam website kita. Letakan dibawah <head> dalam file header.php, atau footer.php website kita. Setelah itu, masukan url website kita pada text box URL pada konfigurasi Instant Articles diatas. Lalu klik tombol “Claim URL“. Bila berhasil, akan keluar peringatan sebagai berikut:

Klaim URL Berhasil

Klaim URL Berhasil

Langkah selanjutnya adalah mengatur RSS Feed untuk melakukan proses “Automated Publishing” artikel-artikel kita pada Instant Articles Facebook.

Konfigurasi RSS Feed

Konfigurasi RSS Feed

URL tersebut adalah URL RSS Feed kita yang dibuat oleh plugin “Instant Articles for WP“. Jadi, secara default diisi dengan format http://namadomain/feed/instant-articles. Default format dari url feed ini menyesuaikan dengan konfigurasi permalink kita. Saya sendiri menggunakan konfigurasi permalink http://namadomain/%postname%.

Klik Save. Bila sudah, kita harus melakukan “Submit Review” request pengaktifkan fitur Instant Articles ke Facebook.

Submit Review

Submit Review

Untuk proses review sendiri, memakan waktu 1 hingga 3 hari kerja. Selama menunggu ini, kita bisa melihat tampilan Instant Articles situs kita melalui aplikasi “Facebook Pages Manager” di iOS ataupun Android.

Contoh Tampilan Instant Articles

Contoh Tampilan Instant Articles

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan

A. Ketika kita melakukan pengetesan di aplikasi Facebook Pages Manager, terkadang gambar dalam artikel kita tidak muncul. Dan ketika dilakukan pengecekan di konfigurasi Instant Articles di Fanspage kita, terdapat pesan error yang menyatakan bahwa gambar kita tidak dapat dibaca atau diakses. Biasanya muncul pesan error “403 Forbidden”.

Solusinya adalah dengan menonaktifkan fitur “Hotlink Protection” pada menu Cpanel situs anda.

Hotlink-Protection

Hotlink Protection

Ketika sudah dilakukan proses diatas namun gambar tidak muncul juga, artinya kita harus menambahkan gambar secara manual kedalam artikel yang ingin kita munculkan dalam bentuk Instant Articles di Facebook. Maka, pastikan semua gambar, maupun video bisa kita akses.

B.  Tombol “Submit Review” tidak aktif. Biasanya hal ini karena kita belum mempunyai logo atau favicon situs kita. Jadi, pastikan favicon sudah terpasang pada situs kita. Selain itu, masukan juga logo kedalam Instant Articles kita melalui menu Style (baca point D).

C. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah Production Articles pada menu Instant Articles. Pada menu ini, terdapat artikel-artikel situs kita yang disiapkan untuk di-publish sebagai Instant Articles di Facebook ketika diakses menggunakan perangkat mobile. Disinilah kita dapat melakukan konfigurasi tampilan Instant Articles kita.

Production Articles

Production Articles

D. Konfigurasi Style dan Feedback. Dibagian Style, kita dapat melakukan kustomisasi tampilan Instant Article kita nantinya. Kustomisasi dari logo, warna dan bentuk font.

Konfigurasi Style dan Feedback

Konfigurasi Style dan Feedback

Dibagian Feedback ini, kita bisa melakukan pengaturan untuk menampilkan tombol Like, Share, dan Comment pada artikel kita, sekaligus pada gambar dan video. Sangat bermanfaat untuk meningkatkan interaksi.

Tweaking Instant Articles

Pada dasarnya, kita membutuhkan kemampuan coding html5 untuk bisa melakukan kustomisasi kode Instant Articles kita. Karena, tampilan bawaan dari Facebook sendiri masih sangat sederhana, yaitu hanya menampilkan artikel kita saja. Padahal dengan melakukan sedikit perubahan, kita bisa menambahkan fitur seperti “Inline Related Posts”, ataupun “Related Post” pada akhir artikel situs kita.

Anda bisa menggunakan kode berikut untuk membuat Inline Related Post, dan Related Post.

<ul class=”op-related-articles” title=”Baca Juga”>
    <li><a href=”url lengkap artikel lain”></a></li>
    <li><a href=”url lengkap artikel lain”></a></li>
 </ul>

Untuk Inline Related Post, letakan kode tersebut ditengah artikel. Sedangkan untuk Related Post yang diletakan diakhir artikel, kita bisa meletakan kode tersebut diantara kode <footer>letakan kode disini</footer>, sebelum tag penutup </article>. Contohnya sebagai berikut:

Contoh Related Posts

Contoh Related Posts

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa mempelajari berbagai macam kode yang bisa digunakan untuk Instant Articles kita panduan dari Facebook. Klik link berikut untuk melihatnya.

Tampilan Related Post

Tampilan Related Post

Kemudian, bagaimana bila kita ingin menampilkan iklan di Instant Articles kita ? Atau, bagaimana bila ingin melakukan tracking traffic pengunjung ?
Inilah fungsinya plugin “Instant Articles for WP”. Dengan plugin ini, kita bisa melakukan beberapa pengaturan dengan mudah. Silakan lihat 2 gambar dibawah ini.

Menu Plugin Instant Articles #1

Menu Plugin Instant Articles #1

Menu Plugin Instant Articles #2

Menu Plugin Instant Articles #2

  1. Di bagian Article Style, diisi sesuai nama “Style” yang kita gunakan di Instant Articles. Bila anda menggunakan “Default”, isikan saja “default”.
  2. Di bagian Ads ini, anda bisa memasukan 3 jenis iklan yang ingin anda tampilkan di situs anda, yaitu; Facebook Audience Network, Custom Iframe, dan Custom Script. Pilih Facebook Audience Network bila anda ingin memunculkan iklan dari Facebook. Pilih Custom Iframe, bila anda menggunakan iklan tipe Direct Ads, dan pilih Custom Script bila anda ingin menggunakan script dari network lain seperti Google Adsense.
  3. Bila menggunakan Facebook Audience Network (Baca bagian Moneytisasi Dengan Facebook Audience Network), isikan ID Placement iklan anda dikotak ini.
  4. Anda bisa memasukan kode Analytics anda disini. Centang kotak “Enable custom embed code” untuk mengaktifkannya.
  5. Aktifkan mode “Development” bila anda ingin artikel anda disimpan terlebih dahulu sebagai draft di Instant Articles, bukan sebagai “Production Articles”.
  6. Anda bisa mengaktifkan “Enable custom transformation rules“, bila mempunyai kode-kode dalam situs anda yang ingin anda transformasikan kedalam bentuk markup Instant Articles. Penjelasan lebih jelas bisa lihat disini.

Cara Moneytisasi Menggunakan Facebook Audience Network

Bila anda sering memasang iklan di Facebook, mungkin familiar dengan kata-kata Facebook Audience Network. Bagi yang belum tahu, bisa baca penjelasannya disini. Seperti yang saya jabarkan diatas, dengan mengaktifkan fitur Instant Articles di situs kita, maka kita mempunyai kesempatan untuk memoneytisasi situs kita melalui Facebook Audience Network.

Contoh Iklan

Contoh Iklan

Setelah mengaktifkan fitur Instant Articles, silahkan menuju halaman dashboard developer apps anda. Kemudian pilih App yang sudah anda buat sebelumnya. Anda akan dibawa menuju ke halaman dashboard App anda.

Facebook Audience Network

Facebook Audience Network

  1. Pilih “Placements” dibagian Audience Network untuk melakukan request pendaftaran situs anda, sekaligus untuk test peletakan iklan nantinya.
  2. Masukan nama domain anda untuk didaftarkan sebagai publisher Facebook Audience Network.
  3. Masukan cara anda menerima pembayaran di menu Payout. Anda bisa mencairkan penghasilan anda melalui Paypal ataupun transfer Bank langsung. Untuk pilihan transfer Bank langsung, anda membutuhkan ID Swipe transaksi luar negeri yang bisa didapatkan dengan meminta ke Bank anda.
  4. Menu Filter berguna untuk anda melakukan filter iklan-iklan apa saja yang diperbolehkan muncul di Instant Articles situs anda.
  5. Dibagian Performance, anda bisa melihat bagaimana performa iklan yang muncul di Instant Articles anda.

Untuk proses aproval pengajuan situs anda sebagai Publishers, membutuhkan waktu 1 hingga 3 hari kerja.

Selesai sudah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Instant Articles sekaligus cara moneytisasinya. Sejauh ini, saya sangat suka dengan tampilan situs saya dalam mode Instant Articles. Dan pasti akan saya terapkan di situs-situs saya yang lain. Bagi saya pribadi, ada banyak keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan bila mengaktifkan fitur Instant Articles pada situs kita.

  • Kecepatan load situs yang meningkat drastis
  • Meningkatkan engagement Facebook Page kita
  • Pengunjung lebih mudah melakukan share
  • Link yang kita bagikan lebih sering di-klik
  • Moneytisasi situs kita menggunakan Facebook Audience Network

Tak ada gading yang tak retak. Meskipun terlihat sempurna, namun fitur Instant Articles ini juga memiliki beberapa kelemahan yang harus kita perhatikan dengan baik. Berikut beberapa kelemahan dari Instant Articles:

  • Pendapatan iklan dari situs bisa jadi menurun karena pembatasan jumlah iklan yang muncul dalam Instant Articles
  • Shortcodes yang ada pada artikel kita tidak akan muncul
  • Widget, sidebar, form email tidak akan muncul pada artikel kita. Bagi anda yang ingin mendapatkan lead dari email, patut dipertimbangkan.

Summary

Dari tulisan panjang lebar diatas, saya rangkum sesederhana mungkin.

  1. Install plugin “Instant Articles for WP”
  2. Buat App di halaman https://developers.facebook.com/apps/
  3. Daftarkan halaman Fanspage anda di https://www.facebook.com/instant_articles/signup
  4. Konfigurasi pendaftaran Instant Articles melalui dashboard Fanspage anda. Masukan url situs anda, dan url feed anda.
  5. Jangan lupa memasukan logo situs anda.
  6. Tunggu hingga 1-3 hari kerja.
  7. Install aplikasi “Facebook Pages Manager” untuk melihat contoh tampilan artikel situs anda dalam mode Instant Articles.
  8. Daftar menjadi publisher Facebook Audience Network bila anda ingin memoneytisasi Instant Articles situs anda.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat, dan silahkan share bila dirasa bermanfaat.

Source:

Instant Articles Quickstart

Sign Up Instant Articles

 

ekalayawebs

Penulis adalah seorang penggemar statistik, psikologi, dan seo. Penulis dapat dihubungi lewat email di ekalayaseo@gmail.com atau ekalayawebs@gmail.com. Google+

Strategi-SEO-dan-Manajemen-Blog
UA-50410580-1