Cara Meningkatkan Ranking Website Dengan Contextual Links
Membangun-Contextual-Links-di-Pyramid-LInk-Bulding
Cara Meningkatkan Ranking Website Dengan Contextual Links dan Pyramid Link Building Reviewed by ekalayawebs on . This Is Article About Cara Meningkatkan Ranking Website Dengan Contextual Links dan Pyramid Link Building

Ada banyak cara meningkatkan ranking website di Google. Salah satunya, dengan cara sederhana yang sudah saya bahas sebelumnya. Kali ini, saya akan membahas cara meningkatkan ranking website dengan menggunakan contextual links dan pyramid link building. Bila digunakan dengan benar, Contextual Links ini dapat membantu meningkatkan ranking website kita dengan kata kunci tertentu. Contextual Links ini […]

Rating: 4

Cara Meningkatkan Ranking Website Dengan Contextual Links dan Pyramid Link Building

Ada banyak cara meningkatkan ranking website di Google. Salah satunya, dengan cara sederhana yang sudah saya bahas sebelumnya. Kali ini, saya akan membahas cara meningkatkan ranking website dengan menggunakan contextual links dan pyramid link building.

DicSEOnary
Contextual Links adalah backlink yang berada didalam sebuah konten blog atau website, dan backlink tersebut diarahkan langsung ke homepage.

Bila digunakan dengan benar, Contextual Links ini dapat membantu meningkatkan ranking website kita dengan kata kunci tertentu. Contextual Links ini juga sangat bagus ketika digabungkan dengan Pyramid Link Building.

DicSEOnary
Pyramid Link Building adalah pembentukan backlink dengan sistem bertundak. Sistem ini dibagi menjadi beberapa Tier.

Misal: Money Site saya adalah A. Tier-1 B, dan Tier-2 C. Maka C akan mempuyai backlink ke B, dan B mempunyai backlink ke A

Pyramid Schema

Pyramid Schema

Pyramid Link Building ini mempunyai banyak keuntungan, diantaranya:

  • Money site kita lebih aman, dikarenakan backlink-backlink diarahkan ke blog Tier-1.
  • Kita cukup melakukan optimasi ke blog Tier-1. Bila blog Tier-1 berada di top 50 Google, maka secara logika, money site kita juga masuk.

Lalu, apa jadinya jika Contextual Links ini dipadukan dengan Pyramid Link Building ?

Teknik ini adalah salah satu teknik favorit saya untuk meningkatkan ranking website. Pertama, saya akan riset kata kunci yang sedang trend dan menjual dengan menggunakan Google Keyword Planner. Setelah didapat kata kunci, saya membuat konten unik yang relevan dengan kata kunci tersebut dengan minimal 500 kalimat dan melakukan SEO OnPage untuk konten tersebut.[sociallocker id=”4017″]

Kemudian di website saya yang lain (kita sebut saja A, B, C, D), saya membuat konten unik yang relevan dengan kata kunciΒ dengan minimal 300 kalimat. WebsiteΒ A, B, C, D inilah yang saya jadikan sebagai Tier-1 yang mengarah langsung ke website utama saya (ekalayawebs.com).

[ninja-inline id=4241]

Di masing-masing website Tier-1 tersebut, saya masukan contextual link kedalam konten, misalnya: http://ekalayawebs.com/marhaban-ya-ramadhan. Yang perlu diperhatikan adalah, harus menggunakan URL konten, bukan URL homepage.

Setelah membuat memposting konten-konten tersebut, saya kemudian menyebar backlink blog Tier-1 saya kebeberapa Social Bookmarking. Social Bookmarking ini saya jadikan sebagai Tier-2 yang mempunyai fungsi memperkuat Tier-1. Untuk Tier-2 ini, masukan juga contextual links, sehingga yang disubmit adalah URL konten di Tier-1, bukan URL homepage Tier-1.

Kemudian, apakah selesai disini ?

Belum. Masih belum.

Setelah Tier-2 selesai di posting, buatlah Tier-3 yang mempunyai contextual link Tier-2. Tier-2 ini bisa berupa Web 2.0, atau Wiki Links, atau Blog Commenting. Tier-3 ini berfungsi untuk menguatkan Tier-2. Sehingga bila Tier-2 semakin kuat, maka Tier-1 kita juga otomatis akan semakin kuat.

Yang harus diperhatikan lagi adalah, untuk setiap Tier, jumlah backlinknya harus minimal 2x lipat dari jumlah backlink Tier diatasnya. Kita bayangkan saja sebuah piramida, bagian paling atas dari piramida adalah bagian yang terkecil, dan semakin kebawah semakin besar, karena digunakan sebagai landasan atau dasar. Demikian juga dengan sistem link building ini. Money site atau website utama kita berada di posisi paling atas, kemudian dibawahnya menyusul semakin besar adalah Tier-1, Tier-2, dst.

Misalnya:

Money site atau website utama saya ini mempunyai 4 Tier-1. Dengan ini, Tier-2 yang akan terhubung dengan Tier-1 minimal harus mempunyai 2 backlink di masing-masing Tier-1, sehingga ada total 8 backlink Tier-2 untuk Tier-1. Kemudian, untuk Tier-3, masing-masing harus mempunyai minimal 2 backlink di masing-masing Tier-2, sehingga total 16 backlink Tier-3 untuk Tier-1.

Banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan metode ini untuk meningkatkan ranking website di Google.

  • Memperkecil peluang money site atau website utama kita terkena pinalti Google Pinguin. Karena penyebaran massive backlink terjadi untuk website Tier-1, bukan money site langsung.
  • Dengan adanya contextual link, kita bisa membidik kata kunci tertentu.
  • Tier-1 website akan mempunyai ranking yang tinggi juga, sehingga bisa kita manfaatkan kedepannya sebagai bagian dari PBN (Private Blog Network) kita.

Beberapa website yang saya coba meningkatkan ranking website dengan cara ini:
TS Suites is Heeel

Kayukayuku

Lain waktu, saya akan membahas lagi cara meningkatkan ranking website di Google dengan cara-cara yang lain. Jadi, tetap ikuti website ini.Β [/sociallocker]

 

ekalayawebs

Penulis adalah seorang penggemar statistik, psikologi, dan seo. Penulis dapat dihubungi lewat email di ekalayaseo@gmail.com atau ekalayawebs@gmail.com. Google+

Cara-Mendapatkan-Backlink-EDU
Tools-SEO-Gratis
  • mantapp bro… salam kenal

    di tunggu wejangan selanjutnya….. πŸ˜€

    • ekalayawebs

      Buset dah. Master SEO kenapa nyasar disini ? :))
      Mbok saya yang dikasih wejangan.. πŸ˜€

  • artikel nya mantap banget gan :D. sebagai pemula dalam seo ini sangat bermanfaat . keep sharing oke ^_^

    • ekalayawebs

      Terima kasih. Semoga artikelnya bermanfaat ya mas bro πŸ™‚

  • mantap om tapi klo boleh nanya (izin oot) tool untuk research keyword yang bagus (klo bisa yang gratis) buat nyari keyword apa ya gan?

    • ekalayawebs

      Google Keyword Planner mas bro.. πŸ™‚

  • Bagus ini artikelnya buat naikin serp web shop ane πŸ˜€ … thx gan informasinya .. segera di coba

    • ekalayawebs

      Dipraktekan dan di share ya..

  • jadi yang di optimasi cuma tier 1 mas? selama ini saya malah fokus kasi BL homepage,, tier 1 ama 2 nggak di urus… πŸ™ salah ya..

    • ekalayawebs

      Yang ke homepage alias tier-1 itu backlink yang berkualitas. Semacam Blog comment itu taruh di tier-2 atau tier-3 aja.

  • gan ane mau tanya ni.. contextual backlink berarti keyword yang di tingkatkan berdasarkan niche yang nyangkut di url artikelnya kah? atau gmn…

    untuk niche yang pendek workngak kira2

    thx

  • artikel nya bagus gan bisa jadi alternatif buat seo …
    mudah-mudahan web ane bisa kayak agan πŸ˜€

  • mas kalo wiki article itu bagaiman cara tanem backlinknya? saya kurang paham (maaf nubi)

    • Kalau saya biasanya pake automated software semacem GSA. Karena itu buat Tier-2 saja.

  • Johan Sugianto

    Mas kalau utk tier 1 pakai GSA jg atau manual?
    Oh ya mau tanya apakah GSA itu cuma bisa menanam 1 artikel ke dlm 1 jenis link (misal web2.0), maksud saya apakah bisa di link web 2.0 itu dikasih ga cm 1 artikel tp beberapa biar lebih terlihat natural gitu?
    Sama req tutor GSA nya dong mas dgn metode tier pyramid ini.. Hehe

    • Tier-1 pasti manual. Kecuali kalo emang sengaja mau bikin spam, bisa pake GSA. Hehe..
      Pake GSA biasanya cuma 1 artikel per site. Gak bisa lebih.. Buat Tier-2, Tier-3 sih gak perlu repot-repot, fungsinya buat memperkuat tier-1 saja.
      Tutorial GSA sedang dibuat. Ditunggu saja.. πŸ™‚

      • Johan Sugianto

        Biasanya mas Eka buat sampai berapa tier?
        Siap mas ditunggu tutor2nya.. πŸ˜€

        • Saya biasa maksimal 3 saja.. πŸ™‚

          • Johan Sugianto

            Mas itu fb nya kok namanya dika ya? Ada partner juga untuk ngurus web ini?
            Iseng2 surfing youtube nemu video ente di https://www.youtube.com/watch?v=ILJYwJ9UMsM mantep gan Eka.. Menginspirasi banget, ente dengan segala keterbatasan bisa jd ky skrg mgkn perlu ditaro disini videonya supaya teman2 bisa termotivasi jg gan.. Hehe

      • Ditunggu mas tutor GSA nya. πŸ™‚

  • Kun Hery

    terus kalau misal tiap tier dibawah backlinknya kelebihan 2 lipat gmn? misal 5 kali lipat

  • Ivan Hanif Anwar

    makasih gan atas ilmunya, ane coba praktekin

    http://www.bantuUKM.com

  • Terimakasih ilmunya mas
    Download Film Terbaru

  • di blog ini saya banyak mendapatkan ilmu baru yang segar di banding banyak blog dengan pembahasan yang sama, intinya blog ente bener bener unik dan anti mainstream

    loadinsider.com

  • Terima kasih banyak atas informasinya mas eka, baru tau info ini πŸ˜€
    Putuberbagi

  • Terimakasih banyak sarannya suhu. Saya masih blogger pemula, masih awam banget sama backlinks. Tp dengan informasi ini saya bisa tau banyak. Awalnya jga saya msh takut-takut pake backlinks, tp kayaknya ini saatnya utk saya coba deh. hmm, thank you mas eka.
    http://www.couponforshopping.com

  • blog saya masi sepi pengunjung ni mas … mudah2an dgn saya terapkan cara diatas dapat meningkatkan pengunjung blog saya …

  • otizai

    Wach susah sekali untuk dimengerti. Nampaknya, untuk bisa melakukan itu kita mesti harus punya beberapa blog dulu. Aku sangat suka cara ini untuk kucoba di blog aku: http://www.pelwisnet.com/

  • Alva Rida

    Ohh jadi seperti ini ya misalnya kontekstual link Perusahaan Interior

UA-50410580-1