Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas : .EDU
Cara-Mendapatkan-Backlink-EDU
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas : .EDU Reviewed by ekalayawebs on . This Is Article About Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas : .EDU

Seperti yang kita ketahui, backlink adalah salah satu faktor penentu ranking suatu website. Kalau begitu, dengan backlink yang banyak, apakah website tersebut mempunyai ranking yang lebih bagus di search engine dibandingkan website dengan backlink yang sedikit ? Belum tentu. Selain jumlah backlink, Google juga menggunakan faktor kualitas backlink. Backlink yang berasal dari situs dengan page […]

Rating: 5

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas : .EDU

Seperti yang kita ketahui, backlink adalah salah satu faktor penentu ranking suatu website. Kalau begitu, dengan backlink yang banyak, apakah website tersebut mempunyai ranking yang lebih bagus di search engine dibandingkan website dengan backlink yang sedikit ? Belum tentu.

Selain jumlah backlink, Google juga menggunakan faktor kualitas backlink. Backlink yang berasal dari situs dengan page rank tinggi (PR), domain authority (DA) dan page authority (PA) tinggi lebih dihargai oleh Google ketimbang backlink dari situs dengan PR, DA, dan PA rendah.

Dicseonary
Page Authority adalah algoritma yang mengukur seberapa kuat keunikan atau “niche” situs kita pada hasil pencarian.

Domain Authority adalah algoritma mesin pencari yang memandang domain yang kita miliki. Maksudnya, domain akan mendapatkan nilai Domain Authority tinggi bila mengikuti guidelines dari Google.

Bila Page Rank lebih melihat pada jumlah backlink, umur domain, dan kualitas konten. Page Authority dan Domain Authority memberikan peringkat berdasarkan pada niche website. Semakin isi website kita mendekati dengan niche yang kita incar, semakin tinggi DA atau PA kita.

Dalam beberapa analisa website yang saya lakukan dan jabarkan di website ini, saya selalu menyarankan untuk menambahkan domain dengan ekstensi .EDU.

Memang domain .EDU itu lebih spesial ?

Tidak. Domain .EDU sama nilainya seperti domain-domain yang lain di mata Google. Terus, apa yang spesial dari domain .EDU ?

Domain .EDU biasanya mempunya DA dan PA yang tinggi, dikarenakan rata-rata umur domain yang sudah lama, dan mereka mempunyai banyak sekali backlink yang berkualitas.

Terus, bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas .EDU ?

Salah satu cara yang dapat dicoba untuk mendapatkan backlink .EDU adalah dengan menggunakan Google Hack untuk mencari footprint. Footprint adalah jejak yang ditinggalkan oleh suatu engine. Misalnya, untuk engine WordPress, kebanyakan akan ada footprint “you must logged in“, atau “powered by WordPress” dan sebagainya.

Nah, footprint ini juga dapat digunakan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Contohnya seperti ini:

Contoh footprint blog edu

Contoh footprint blog edu

Maksud dari Google Hack diatas adalah kita meminta Google mencari situs dengan ekstensi .EDU yang mengandung kata “forums register“. Kenapa mengandung kata “forums register” yang kita cari ?. Karena situs-situs yang mengandung kata tersebut biasanya adalah situs berbentuk forum dan dengan begitu kita bisa membuat posting di forum tersebut, dan menambahkan link ke situs kita sendiri. Hehe…

Contoh Footprint Comment di Blog EduMaksud dari Google Hacks diatas adalah kita mencari situs dari domain .EDU yang mengandung kata “post a comment“, tapi tidak mengandung kata “you must be logged in. Kenapa harus ada -“you must be logged in” ?

Karena kita hanya akan mencari situs yang membebaskan pengunjungnya untuk memberi komentar ke situs tersebut, tanpa perlu menjadi anggota situs tersebut terlebih dahulu. Lalu, kalau kita ingin mencari situs domain .EDU yang sesuai dengan niche kita bagaimana ?. Bisa dicoba dengan cara berikut:

Contoh Footprint Keyword SEO di Blog Edu

Contoh Footprint Keyword SEO di Blog Edu

Cara diatas maksudnya adalah saya mencari situs dengan domain .EDU yang mengandung keyword yang saya kejar yaitu kata “SEO”, dan “post a comment”, tapi tidak mengandung kata “you must be logged in”. Dengan ini, Google akan memfilter pencarian, sehingga hasil pencariannya hanya akan menampilkan situs yang mengandung kata “SEO” saja.

Yang harus diperhatikan adalah ketika kita membangun sebuah link, kita harus tetap menjaga link kita berasal dari sebuah situs yang relevan dengan situs atau niche kita. Dengan cara ini, kita dapat membangun sebuah backlink yang kuat. Dan tetaplah ingat bahwa kita tetap harus mengecek, apakah backlink yang kita buat berada pada situs dengan PA dan DA yang tinggi. Karena situs dengan PA dan DA tinggi tidak akan begitu saja dengan mudah memberi kita backlink bukan ? Hehehe…

Ada banyak lagi cara mendapatkan backlink berkualitas yang berasal dari situs .EDU. Yang saya jabarkan disini hanyalah cara sederhana dengan memanfaatkan Google Hacks dan footprints. Saya sudah merangkum Google Hacks dan Footprints bisa anda coba untuk mendapatkan backlink yang berkualitas yang bisa anda download sini.

 Footprints EDU Blogs.PDF 

 

ekalayawebs

Penulis adalah seorang penggemar statistik, psikologi, dan seo. Penulis dapat dihubungi lewat email di ekalayaseo@gmail.com atau ekalayawebs@gmail.com. Google+

Pengaruh-Social-Signals
Membangun-Contextual-Links-di-Pyramid-LInk-Bulding
UA-50410580-1