Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly ?
Panduan-Membuat-Artikel-SEO-Friendly
Membuat Artikel Yang SEO Friendly Reviewed by ekalayawebs on . This Is Article About Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Salah satu faktor dalam penentuan ranking atau SERP di Google adalah struktur konten atau artikel yang SEO Friendly. Masing-masing orang mempunyai cara tersendiri untuk membangun artikel yang SEO Friendly. Termasuk saya, saya punya cara tersendiri ketika membuat artikel di setiap website saya. Diambil dari searchmetrics.com. Faktor-faktor penentu SERP atau ranking di Google Banyak sekali bukan ? Ada […]

Rating: 5

Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Salah satu faktor dalam penentuan ranking atau SERP di Google adalah struktur konten atau artikel yang SEO Friendly. Masing-masing orang mempunyai cara tersendiri untuk membangun artikel yang SEO Friendly. Termasuk saya, saya punya cara tersendiri ketika membuat artikel di setiap website saya. Diambil dari searchmetrics.com.

Faktor-faktor penentu SERP atau ranking di Google

SEO-Ranking-Factors-Rank-Correlation-2013-for-Google

Faktor-Faktor Penentu Ranking di Google

Banyak sekali bukan ? Ada beberapa SEO On Page, khususnya struktur konten yang menjadi faktor penentu ranking di Google. Jadi, jangan pernah menyepelekan struktur artikel kita. Bahkan, dengan mengandalkan artikel yang strukturnya SEO friendly atau mudah dibaca mesin pencari saja sudah cukup untuk keyword kelas menengah. Untuk cara riset keyword, bisa dibaca di artikel saya sebelumnya disini (cara riset keyword). Jadi, bagaimana resep saya untuk membangun struktur artikel yang SEO friendly ?

Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Sebagai studi kasus disini, keyword yang saya kejar adalah, “membuat blog“. Berikut langkah-langkah membuat artikel yang SEO friendly:

  1. Judul Artikel. Buatlah judul artikel yang mengandung keyword tersebut. Disini, saya menggunakan judul artikel, “Cara Membuat Blog Dengan Menggunakan Blogspot“.
  2. Title Tag. Title Tag akan muncul di snippet Google, atau hasil pencarian Google. Buatlah title yang mengandung max 2 kata kunci tersebut. Saya menggunakan title tag, “Cara Membuat Blog Dengan Mudah | Tips Membuat Blog
  3. Meta Description. Meta Description adalah deskripsi dari konten yang akan muncul di hasil pencarian Google. Deskripsi artikel kita harus mengandung kata kunci, dan bila ada sinonim kata, masukan juga sinonim kata tersebut. Saya disini menggunakan meta tag, “Cara Membuat Blog Dengan Mudah. Ada beberapa langkah yang diperlukan untuk membuat blog. Entah menggunakan blogspot, ataupun wordpress. Untuk membuat blog..“. Bila diperhatikan, saya meletakan “..” dibelakang. Kenapa ? Itu untuk merangsang rasa penasaran pengunjung yang mencari keyword tersebut di Google.
  4. Header Tag H1. Untuk header tag H1 ini, biasanya otomatis menjadi milik judul artikel, jadi buatlah judul artikel yang mengandung kata kunci tersebut.
  5. Header Tag H2. Header H2 ini biasa saya gunakan untuk subtitle di artikel saya. Misalnya, “Langkah Mudah Membuat Blog Dengan Menggunakan Blogspot“.
  6. Masukan gambar dibawah header H2 ini. Dan beri Alt image yang mengandung kata kunci. Misalnya, “Membuat Blog Dengan Blogspot“. Dan masukan caption sesuai alt image tersebut.
  7. Headear Tag H3. Header H3 saya gunakan untuk masing-masing title dibawah subtitle saya. Misalnya, “Langkah Pertama Membuat Blog“.
  8. Untuk keyword, pastikan ada keyword di masing-masing paragraf.

[ninja-inline id=4241]

Untuk detailnya, perhatikan gambar dibawah:

Cara Membuat Artikel Dengan Struktur SEO Friendly

Cara Membuat Struktur Konten SEO Friendly

Yang perlu diperhatikan adalah:

  • Jangan terlalu ada banyak keyword yang kita kejar dalam satu artikel. Karena akan membuat Google menganggap kita melakukan keyword stuffing.
  • Jangan terlalu banyak optimasi header H2 dan H3.

Kalau diperhatikan lagi, kenapa saya tidak ada kata yang di Bold, Italic, atau Underline ? Karena saya rasa itu tidak perlu. Hanya saja, blok seperti itu membuat artikel kita lebih enak dibaca dan lebih terlihat indah.

Untuk pembuatan judul artikel, bisa mengikuti panduan dibawah. Panduan dibawah ini cocok untuk blog berbahasa Inggris, tapi untuk penerapan di blog bahasa Indonesia juga tidak ada masalah.

Panduan Judul Artikel Yang Bagus

Penerapan cara membuat artikel SEO friendly ini saya terapkan hampir di semua website saya, dan client saya. Bisa dilihat gambar dibawah, untuk traffic bulan Oktober. Niche websitenya adalah “home design”.

Traffic Bulan Oktober

Traffic Bulan Oktober

Tidak terlalu wah, tapi yang perlu dilihat adalah, saya membangun website tersebut tanpa backlink sekalipun, hanya dengan memanfaatkan long tail keyword, dan struktur artikel yang SEO friendly.

Mudah bukan, membuat artikel yang SEO friendly ?

 

ekalayawebs

Penulis adalah seorang penggemar statistik, psikologi, dan seo. Penulis dapat dihubungi lewat email di ekalayaseo@gmail.com atau ekalayawebs@gmail.com. Google+

Panduan-Lengkap-Cara-Membangun-PBN
Cara-Membuat-Artikel-Dengan-Mudah
UA-50410580-1